Minggu, 26 Oktober 2014

Istilah Dalam Jaringan






Dalam sebuah jaringan biasanya terdapat istilah - istilah asing, berikut beberapa kecil istilah - istilah yang terdapat dalam suatu jaringan :

1. Connection/Koneksi
Dalam Jaringan, koneksi mengacu pada potongan - protongan informasi yang terkait yang ditransfer melalui sebuah jaringan.

2. Paket
Secara umum, paket adalah unit paling dasar yang ditransfer. Setiap paket memiliki header yang biasanya berisi ; sumber dan tujuan paket tersebut, timestamp, dll. bagian utama dari suatu paket berisi data aktual yang sedang di transfer, hal ini bisa disebut sebagai badan atau payload.

3. Network Interface
Sebuah antarmuka jaringan dapat merujuk ke segala jenis antarmuka perangkat lunak hingga ke perangkat keras jaringan. Sebuah antarmuka jaringan dapat di hubungkan dengan perangkat fisik, atau mungkin menjadi representasi dari sebuah antarmuka virtual.

4. LAN
Ini mengacu pada jaringan atau bagian dari jaringan yang tidak dapat di akses publik dari jaringan internet yang lebih besar.

5. WAN
Ini berarti jaringan yang lebih luas dari pada LAN, WAN adalah istilah yang relefan secara umum untuk menggambarkan jaringan yang besar dan tersebar dan biasanya di maksudkan sebagai internet secara keseluruhan

6. Protokol
Protokol adalah seperangkat aturan dan standar - standar dan bisa juga berupa bahasa yang digunakan dalam suatu perangkat untuk berkomunikasi. Ada sejumlah besar protokol yang di gunakan secara luas di jaringan, dan mereka sering di implementasikan dalam lapisan yang berbeda.
Beberapa protokol tingkat rendah adalah : TCP, UDP, IP dan ICMP
Beberapa contoh protokol lapisan Aplikasi di banding yang lebih rendah adalah : HTTP, SSH, SSL, FTP

7. Port
Port adalah alamat pada suatu mesin yang dapat di kaitkan dengan bagian tertentu dari perangkat lunak.

8. Firewall
Firewall adalah sebuah program yang menentukan di izinkan atau tidaknya lalu lintas yang datang dan keluar dalam sebuah server.

9. NAT (Network Address Translation)
NAT adalah cara untuk menerjemah permintaan yang masuk ke dalam suatu routing server untuk ke perangkat yang relevan atau server dalam LAN, hal ini biasanya di terapkan pada LAN fisik sebagai cara untuk meneruskan melalui 1 alamat IP ke server back and yang diperlukan

10. VPN (Virtual Private Network)
VPN adalah sarana penghubung pada suatu LAN yang terpisah melalui jaringan internet dan tetap menjaga privasi, ini digunakan sebagai sarana sistem remot yang seolah - olah masih dalam jaringan lokal, biasanya sering digunakan untuk alasan keamanan.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html